Mengurus Mutasi Balik Nama (Biaya <300 ribu Rupiah)


Mendengar kata “mutasi kendaraan” pastilah yang akan terbayang di pikiran kita hal-hal negatif seperti ribet, susah, dan mahal. Padahal dalam kenyataannya jika kita mengurus sendiri, proses mutasi kendaraan tak seseram pikiran negatif kita. Saya sendiri sudah memiliki pengalaman mengurus mutasi kendaraan sekaligus balik nama dari kabupaten Banyuasin ke kota Palembang, sama-sama dalam provinsi Sumatera Selatan. Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan sebelum mengurus urusan ini, pertama kesabaran (kadang akan terjadi permasalahan di luar kendali kita, namun kita yang harus menyelesaikannya), kedua ketelitian (persyaratan yang cukup banyak membuat kita harus teliti terhadap berkas-berkas mutasi bbn), dan ketiga waktu luang (ada kalanya kita harus bolak-balik, baik ke samsat asal maupun ke samsat tujuan). Nah berikut ini saya ceritakan pengalaman saya :

28 September 2016

Saya mendatangi kantor Samsat Banyuasin yang berada dalam komplek perkantoran Banyuasin di Pangkalan Balai. Prosedur pertama yang saya lakukan mendatangi loket pendaftaran dan menyerahkan map berisi berkas (ktp asli dan fotokopi, bpkb asli dan fotokopi, stnk asli dan fotokopi, kwitansi asli dan fotokopi)

Selanjutnya saya mengisi formulir cek fisik, lalu petugas akan melakukan cek fisik terhadap kendaraan kita (mencatat nomor rangka dan nomor mesin). Setelah dipanggil oleh petugas, berkas kemudian diserahkan ke loket PNBP, dilanjutkan dengan melakukan pembayaran di loket Bank BRI biaya mutasi keluar sebesar Rp 75.000.

Dari loket Bank BRI berkas dibawa kembali ke loket pendaftaran, nanti petugas akan meminta nomor handphone kita, jadi pada suratnya telah selesai petugas akan menginformasikan ke handphone kita. Perkiraan waktunya lebih kurang 3 minggu.

27 Oktober 2016

Sudah lebih satu bulan informasi dari Samsat Banyuasin masih belum ada, akhirnya saya memutuskan untuk mendatangi kantor Samsat Banyuasin. Tiba di Samsat Banyuasin pukul 14.00 WIB, saya lihat di loket sudah dipasang pengumuman tutup, sempat sedikit kecewa karena seharusnya loket tutup jam 15.00 WIB sesuai jadwal yang tertempel di kantor samsat tersebut. Saya pun mencoba berbicara dengan petugas, alhamdulillah saya masih bisa menyelesaikan urusan saya karena surat mutasi keluar saya sudah selesai dan sudah bisa diambil. Selanjutnya urusan akan berpindah ke kantor Samsat tujuan yaitu Samsat Kota Palembang.

28 Oktober 2016

Bersambung…

 

Leave a Reply

