Jejak Ternate


Dengan menempuh lebih kurang 5 jam perjalanan, GA-600 yang kami tumpangi mendarat di Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara setelah sebelumnya sempat transit di Bandara Sam Ratulangi kota Manado. Sebelum turun saya sudah terkesima duluan melihat dari balik jendela hamparan laut di pinggiran landasan pacu yang begitu tampak indah dan eksotis.

Alhamdulillah puji syukur sungguh tak henti-hentinya hanya kepada Allah SWT karena kembali mendapat kesempatan terbang  menjelajah nusantara negeri indah Indonesia.  Sungguh saya sama sekali tak menyangka bisa menjejakkan kaki di propinsi bagian timur Indonesia ini yang terkenal dengan keindahan lautnya.

Perjalanan kali ini dalam rangka pendampingan serta penyerahan dokter/ dokter gigi PTT yang akan diserahkan ke Dinas Kesehatan Propinsi Maluku Utara untuk menjalankan tugas di kabupaten penugasan yang telah ditetapkan. Saya bersama mbak Ika mendampingi 18 orang dokter yang terdiri dari dokter umum dan dokter gigi. Dari bandara kami bersama dokter langsung ditemui pejabat Dinkes Malut untuk selanjutnya segera menuju Hotel Boulevard, untuk melakukan pembekalan terlebih dahulu, lalu penyelesaian administrasi dan keuangan, serta penginapan menunggu keberangkatan ke kabupaten penugasan.

Dan subhanallah ternyata di depan hotel kami itu terdapat masjid raya kota Ternate yang sangat khas yakni Masjid Al Munawwar yang terletak di pinggir laut, bahkan bagian belakang masjidnya berada di atas laut. Masjid ini memang sudah saya rencanakan untuk dihampiri saat berada di Ternate, dan bak pepatah mengatakan pucuk dicinta ulampun tiba, ternyata skenarionya kami ditempatkan di hotel yang persis bersebrangan dengan masjid tersebut.

Dalam nuansa 10 hari terakhir Ramadhan, dimana banyak orang berlomba-lomba memacu kuantitas dan kualitas ibadah mereka pada titik tertinggi, sungguh sangat membantu sekali bisa tinggal di dekat masjid, karena masjid-masjid biasanya akan dipenuhi orang untuk melaksanakan berbagai amaliyah termasuk amaliyah yang sangat kental dengan suasana Ramadhan yakni I’tikaf. Sayang di masjid Al Munawwar sepi dari jama’ah I’tikaf karena memang  tidak diadakan acara khusus, jadi yang I’tikaf disana hanya I’tikaf pribadi masing-masing.  Saya juga menyempatkan dua malam I’tikaf di masjid tersebut.

Hari kedua kami bersama ibu Upi dari Dinkes Malut bersama rombongan dokter pergi ke pelabuhan Kota Baru, darisana kami akan menyebrang ke Sofifi (Ibukota Maluku Utara yang baru), darisana kami menghantarkan rombongan dokter ke tempat penugasan, ada yang berangkat ke kabupaten Halmahera Utara, Halmahera Barat, dll. Dengan menggunakan speed boat reguler kami mengarungi terpaan ombak laut yang cukup tenang di kala itu. Setelah menghantarkan seluruh dokter, tinggal saya dan mbak Ika melanjutkan jalan-jalan menelusuri Sofifi bersama bu Upi dan pak Yamin.

Tempat pertama yang kami mampiri adalah kantor Dinas Kesehatan provinsi Maluku Utara, ternyata ibukota baru Malut ini masih sangat sepi sekali, setelah itu kami menuju kantor gubernur Malut yang kata bu Upi terletak di atas perbukitan, jadi view pemandangannya akan sangat terlihat indah dari sana. Namun, sebelum tiba di kantor gubernur kami sempat melewati bundaran HI, tapi untuk yang ini bukannya Bunderan Hotel Indonesia yang adanya di Jakarta, akan tetapi yang ini singkatan dari Bunderan Halmahera Indah🙂.

Akhirnya kami pun tiba di kantor gubernur Malut, dan ternyata benar pemandangan alam yang terlihat dari lantai 3 kantor gubernur sungguh terlihat sangat eksotis dan menawan, sungguh karunia Tuhan yang begitu mempesona, darisana juga terihat jelas gunung Tidore dan gunung Gamalama.

Fabiayyiaalaairobbikumaa tukadzibaan (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan)

QS. Ar Rahmaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s