Weekend Seminar : Business Is My Life


Backdrop merah bertuliskan “Weekend Seminar Business Is My Life” terpampang di salah satu sudut ruangan Gramedia Matraman, mendekati pukul 13.30 WIB jejeran kursi beberapa shaf di depan panggung sederhana mulai ada yang menempatinya, para panitia tampak sibuk mempersiapkan acara yang segera akan dimulai. Pukul 13.30 WIB mc langsung mengambil alih acara, dan segera memulai rangkaian acara yang menghadirkan Guru Enterpreneur Indonesia dan juga penulis buku fenomenal “Jangan Mau Seumur Hidup Jadi Orang Gajian” Bapak Valentino Dinsi , dan Direktur PT. Zahir Accounting International Bapak Muhammad Ismail.

Materi pertama dibawakan oleh pak Valen, lebih kurang 1 jam pemaparan + tanya jawab cukup memberi energi kembali untuk merancang dan membangun rencana bisnis yang belum saya realisasikan, saya juga sempat bertanya ke pak Valen, sungguh kesempatan yang berharga buat saya, karena selama ini saya hanya membaca bukunya, namun hari ini bisa bertatap muka sekaligus bertanya langsung ke beliau. Saya meminta tips membangun bisnis dengan kondisi saya saat ini sebagai orang gajian yang sebagian besar waktu saya yang dihabiskan di kantor, karena hampir setiap hari pulang tidak melihat matahari lagi alias selalu pulang malam. Sebuah pencerahan pun keluar dari jawaban beliau, pak Valen menceritakan pengalaman beresiko beliau keluar (resign) dari PT. Garuda Indonesia, padahal saat itu beliau telah menjabat manajer dengan rekor manajer termuda dan tercepat dalam sejarah PT. Garuda Indonesia. Namun pengambilan keputusan untuk resign dari tempat kita bekerja tak boleh hanya sebatas keputusan emosional saking semangatnya untuk memulai bisnis, harus dipikirkan secara matang dan dipersiapkan secara utuh. Dalam bukunya pak Valen juga telah menuliskan Exit Strategy. Tips yang beliau berikan untuk orang gajian yang ingin memulai bisnis adalah dengan mengambil cuti di luar tanggungan, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun, dan sebelum memulai masa cuti kita harus dulu sudah merencanakan dan mempersiapkan bisnis yang akan kita bangun, sehingga pada saat awal cuti kita bisa langsung action.

Materi kedua dibawakan oleh direktur PT. Zahir Accouting International Bapak Muhammad Ismail, Zahir merupakan merek software akuntansi lokal buatan anak negeri, namun sudah merambah dan teruji internasional.  Ada kejadian yang cukup membuat saya terkejut, pada saat MC memanggil bapak Muhammad Ismail untuk naik ke panggung, ternyata orang yang dari awal duduk di sebelah saya adalah bapak Muhammad Ismail tersebut, sungguh saya mengira orang disamping saya itu adalah peserta seminar juga🙂.

Pak Muhammad lebih banyak memaparkan produk perusahaan mereka, beliau juga menjelaskan pentingnya laporan keuangan bagi decision maker (pemilik perusahaan) untuk lebih mengembangkan bisnisnya secara cepat dan tepat. PT. Zahir Accounting juga membagikan secara gratis ke seluruh peserta sebuah CD demo software, pulpen, dan brosur.

2 thoughts on “Weekend Seminar : Business Is My Life

  1. Meti Yuliani says:

    aslkm…
    kmarin beli buku “Jangan Mau Seumur Hidup Jadi Orang Gajian” dimana??
    Kamrin tu ana juga cari buku itu di Gramedia Palembang, tapi dak ketemu

    Like

Leave a Reply

