Sebuah Hal Pembuat Puyeng : Ketika Petir Menyambar


Hujan gerimis disertai petir pagi itu tak disangka akan menimbulkan efek yang cukup besar, karena pada awalnya kami sama sekali tidak sadar bahwa ternyata perangkat modem di warnet kami sudah rusak akibat sambaran petir dengan suara yang cukup kencang pagi itu. Padahal hujan belum terlalu deras hanya gerimis disertai mendung yang cukup menggelapkan langit. gelegarrr…suara dentuman dahsyat dari langit itu tiba-tiba membuat PC Server warnet mati mendadak, sempat terlihat juga kilatan putih di sudut pintu di warnet.

Setelah dibuat mati mendadak kami mencoba menghidupkan kembali PC server tadi, dan alhamdulillah masih bisa hidup dengan kondisi normal, dan saya yang waktu itu dalam keadaan mau pergi ke suatu tempat langsung saja meninggalkan Yudi sendirian untuk jagain warnet saat itu, karena saya mengira tiada masalah lagi di warnet kami.

Masalah baru ketahuan saat saya menerima SMS dari Yudi ketika sedang menunggu teman di Masjid Al Kautsar Kementerian Perindustrian. Isi SMS awalnya hanya menanyakan kenapa komputer tidak bisa mengakses internet, saya pun nggak merasa ada masalah dengan pertanyaan tersebut, karena memang kadang-kadang masalah seperti itu sering terjadi dikarenakan belum disetting aksesnya dari terminal. Lalu SMS kembali masuk menegaskan cara yang saya tadi udah dicoba namun hasilnya nihil, darisini saya mulai dibuat cukup berpikir keras apakah gerangan solusinya, dan Yudi selanjutnya menanyakan mengenai lampu indikator yang terdapat pada modem, dan akhirnya saya simpulkan sementara kemungkinan permasalahannya disitu.

Ternyata Si Modem itu Kesambet Petir

Pukul 4 sore saya tiba kembali di warnet MidPoint, dan langsung mengecek ke TKP🙂, dan ternyata benar masih belum juga bisa mengakses internet. Saya telpon mbak Octa si empunya warnet alias owner, ternyata kejadian seperti tersambar petir udah pernah terjadi sebelumnya, dan saran dari mbak Octa saya diminta hubungi pihak Telkom di 147. Setelah telpon ke 147  dan menceritakan kronologis kasus satu ini, pihak Telkomnya besok langsung akan mendatangkan teknisinya yang akan melakukan pengecekan Malamnya saya coba browse ke internet kali aja ada pencerahan, dan sebuah artikel saya dapati tentang modem yang tersambar petir, sayang artikel itu belum bisa menyelesaikan masalah kami.

Sekitar pukul 11.00 WIB teknisi Telkom itu benar-benar datang dengan peralatan lengkap sepertinya, dia pun mengeluarkan amunisi yang ia butuhkan untuk melakukan pengecekan terhadap modem kami, tak lama beraksi dia menyimpulkan permasalahannya memang terjadi di modem akibat terkena petir kemarin.

Singkat cerita informasi itupun yang beritahu ke owner, dan owner menyuruh langsung membeli modem baru aja, sebenarnya bisa di klaim ke vendor modem yang rusak, tapi takutnya memakan waktu lama, semakin lama warnet tutup jelas akan semakin mengurangi pendapatan warnet.

Dibuat Pusing Tujuh Keliling di Mangga Dua

Toko Media Jaya Komputer itulah target saya bersama Yudi pergi ke Mangga Dua untuk membeli sebuah modem baru, tiba di halte busway Mangga Dua kami langsung menuju bangunan megah Mangga Dua Square. Berdasarkan informasi yang kami terima alamat tokonya ada di blok A50, sejurus kemudian tentu kami langsung mengarah kesana, blok itu pun kami temukan setelah berkeliling-keliling, naik-turun beberapa lantai, dan mencari informasi dengan bertanya ke beberapa satpam. Sebuah space toko bertulisan A50 di atasnya sudah ada dihadapan kami, namun gedubrak, he..he..kami serasa jatuh dari pohon, blok A50 itu kosong melompong dan terlihat belum ditempati oleh penyewa. Kami pun berinisiatif menelpon yang punya toko Media Jaya tadi, karena memang nomor telpon tokonya sudah ada di kami. Berikut kira-kira cuplikan dialognya :

“Ko tokonya Media Jaya di Mangga Dua Square ya?”
“Di Mangga Dua Mall”
“Jadi bukan di Mangga Dua Square Ko?”
“Mangga Dua Mall”

Ternyata Mangga Dua Square berbeda dengan Mangga Dua Mall🙂, saya berpikirnya kedua hal itu sama saja, karena kalo di tempat saya di Palembang kan ada Palembang Square, dan itu juga disebut mall (he..he..ada-ada saja kejadian ini). Kami pun kembali mengeruk informasi dari beberapa orang yang kami temui, untungnya kami dapati informasinya Mangga Dua Mall tidak terlalu jauh dari Mangga Dua Square tempat kami berada saat itu, ada yang bilang bisa berjalan aja, terus ada juga yang bilang kami mesti naik bis, tapi kami memilih jalan kaki aja hitung-hitung menghemat ongkos.

Kami melihat komplek pertokoan Harco Mangga Dua, kami kira disitu tempat yang kami maksud, kami langsung masuk saja, kurang lebih 200 m kami kembali bertanya kepada petugas keamanan di sana, wew…salah lagi euy, tempat yang kami masukin itu Harco Mangga Dua berbeda dengan Mangga Dua Mall. Ternyata Mangga Dua itu nggak cuman satu ya, tadi saat keluar dari komplek Mangga Dua Square ada juga yang namanya WTC Mangga Dua, lalu saat berjalan lagi meninggalkan Harco Mangga Dua kami pun melihat sebuah bangunan tinggi menjulang yang di dindingnya terdapat tulisan ITC Mangga Dua. Kami sempat mengira disitu mall-nya, untungnya saat tiba di tempat tepat bersebrangan dengan ITC Mangga Dua kami bisa menatap tulisan Mangga Dua Mall, it’s our destination !!!🙂

Kami langsung melangkah menuju lantai 2, karena berdasarkan informasinya tokonya berada di lantai tersebut, kami kembali berkeliling-keliling di lantai itu, setelah cukup lama masih tak menemukan target kami, kami bertanya ke satpam dimana blok A50 itu berada, namun jawabannya membuat pusing kami bertambah, karena dia bilang di lantai tersebut hanya sampai blok 49, nggak ada 50. Kami memutuskan menelpon pemilik toko lagi, walaupun sepertinya dia sedang sibuk, hal itu terlihat saat kami menelponya pertama kali tadi di Mangga Dua Square. Dan ternyata toko itu tidak berada di lantai 2, namun ada di lantai 4, singkat cerita kami berhasil menemukannya dan membeli modem bermerek ZyXel seharga Rp 210.000,-.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s