NIP-ku : 198809072009121001


Nomor Induk Pegawai (NIP) sangat identik dengan PNS (Pegawai Negeri Sipil), karena memang NIP adalah nomor identitas PNS yang menyatakan bahwa seseorang itu benar-benar resmi sebagai seorang PNS. Proses mendapakan NIP diawali dari status kelulusan seseorang di salah satu instansi pemerintahan, kemudian setelah dinyatakan lulus maka orang tersebut akan melakukan pemberkasan di instansi tempat ia diterima. Lalu tibalah masa menunggu (penantian) mulai kerja, lamanya kurang lebih dua sampai tiga bulan, tetapi ada juga yang hanya satu bulan menunggu karena tenaganya sedang dibutuhkan di tempat ia bekerja.

Barulah setelah masa tunggu seseorang yang lulus PNS akan mendapatkan SK CPNS dan memulai kerja dengan gaji baru 80 %, SK CPNS penanda statusnya sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), maksimal dua tahun dari keluarnya SK CPNS seseorang tersebut akan mengikuti Diklat Pra Jabatan yang dilakukan 3 minggu untuk S1 dan 2 minggu untuk D3, barulah setelah lulus dari Diklat Pra Jabatan seseorang tadi berhak mengajukan PNS, apabila telah diterima ia akan mendapatkan SK PNS penanda statusnya resmi menjadi PNS dengan gaji 100%.

Back to topic…

Berbicara masalah NIP alhamdulillah setelah saya menunggu lebih kurang tiga bulan NIP saya telah keluar, awalnya saya mendapat SMS dari seorang teman dari Garut yang sama-sama keterima di instansi Kementerian Kesehatan RI, dia bilang NIP udah bisa dilihat dengan mengakses situs Biro Kepegawaian Kemenkes www.ropeg-depkes.or.id.

Dan ternyata benar setelah saya akses situs tersebut, lalu kemudian membuka salah satu sub menu bagian “Pengangkatan CPNS”, dengan terlebih dahulu meng-input nama dan tanggal lahir maka akan keluarlah NIP beserta data-data terkait lainnya.

Alhamdulillah Ya Rabb pertolongan-Mu begitu indahnya, semoga dari ceritaku ini kebesaran-Mu akan semakin terlihat, dan ketidakberdayaan ku sungguh sangat nyata tanpa campur tanganmu duhai Cintaku…

4 thoughts on “NIP-ku : 198809072009121001

  1. argie says:

    Assalamualaikum… Wr Wb
    Selamat ya mas….
    Ane juga sedang menunggu panggilan dari DEPKES
    alhamdulillah ane diterima di BPPSDMK jakarta
    dan pemberkasan tanggal 11 november 2010 sampai hari ini masih menunggu konfirmasi dan telepon dari BPPSDMK…..

    Like

  2. Dwiyo says:

    Assalammu’alaikum…
    Salam kenal mas,sy jg alhamdulillah kterima cpns kemenkes 2010/2011,penempatan di sekjen, klo anda penempatan dimana,mas?
    Memang lama yah menanti SK, ga krasa dah 2 bln lebih neh, bete jg sih lama2, tp akan sabar dan terus bersabar,hehe…

    Like

    • portalwongsukses says:

      Wa’alaikumussalam.

      Salam kenal juga mas Dwiyo, saya penempatan di Ropeg, iya begitulah mas, menanti SK emang lama, tapi dinikmatin ajalah, ntar nggak ngerasain liburan panjang kalo udah masuk, he..he..

      mudah2an sebelum maret udah ada panggilan masuk mas🙂

      Salam Sukses Berkah !!!

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s