Hijrah Handphone dan Tips Membeli hp second


Setelah sering dibuat kesal dan geram dengan hp lama Nokia 3315 karena berbagai penyakitnya yang tampaknya sudah stadium 3🙂, alhamdulillah akhirnya saya bisa mengganti hp, walaupun cuman hp second tak masalah bagi saya, yang penting nggak ada masalah dengan kemampuan nelpon dan smsnya.  Kini hp Nokia 3200 akan menemani hari-hari saya.

Rabu, 26 Januari 2010 – Pasar Grosir Cililitan atau yang lebih sering disebut PGC menjadi tujuan saya hunting handphone second, dengan menumpang mikrolet M06 Kampung Melayu – Gandaria saya menjejakkan kaki di tempat perbelanjaan modern tersebut. Gedung yang sangat besar dan megah, sebelum keliling dari konter ke konter saya mencari mushollah terlebih dahulu, ternyata tidak ada mushollah yang saya dapati melainkan sebuah masjid megah dan indah tepat terletak di atas gedung PGC.

Masjid As Sinah itulah namanya, saya lihat orang-orang sudah mulai ramai memadati masjid karena memang sebentar lagi akan tiba waktu shalat ashar. Byuurrr…hujan menemani kekhusukan jamaah melaksanakan ibadah shalat ashar, saya pun menyempatkan tilawah serta berdoa setelah shalat ashar.

Setelah shalat dengan menaiki lift yang tak jauh dari masjid As Sinah saya langsung menuju lantai 3 PGC, karena disanalah lantai tempat gudang hp, ada ratusan konter handphone disitu. Saya menjual terlebih dahulu hp kepunyaan saya sebelum mencari dan membeli hp, ada dua hp yang akan saya jual pertama hp Nokia 3315 yang selalu say pakai lebih dari 3 tahun, dan kedua hp Esia C2801yang saya beli dari adik seharga 35 ribu. Hp Esia berhasil saya jual dengan harga 100 ribu, dan hp Nokia saya ternyata cukup sulit dijual karena memang kondisinya yang mengenaskan, :-) , ada yang nggak mau nerima kalo nggak ada charger, ada yang nggak berani, ada yang cuman mau beli 30 ribu, tetapi alhamdulillah akhirnya saya menemukan konter yang mau membeli hp itu, dan sekaligus juga di konter itu saya menemukan hp yang sepertinya cocok dengan saya Nokia 3200. Setelah tanya-tanya dan tawar menawar akhirnya saya sepakat untuk tukar tambah hp N3315 dengan N3200 dengan menambah uang sebesar Rp 175.000.

Nah berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan kalau mau beli hp second :

1. Perhatikan kelengkapan handphone bekas (charger, handsfree, dll)

2. Tanyakan kondisi baterai hp second

3. Tanyakan garansi, baik garansi resmi atau garansi dari si penjual

4. Survei harga

5. Perhatikan fisik handphone (batre, tempat dudukan sim card, LCD, keypad, vibrasi, kamera)

6. Periksa dan sesuaikan nomor IMEI, caranya tekan *#06# dari keypad, lalu sesuaikan dengan yang ada di bawah batre

7. Periksan speaker dan mic, untuk memeriksa spekar coba hidupkan ringtone atau lagu dengan suara maksimal, apabila suara tidak pecah berarti kondisi speaker masih baik, lalu untuk mic coba periksa dengan perekam suara atau menelpon

8. Pastikan tidak ada masalah dengan sinyal, kalau hp ketika dicoba lalu tiba-tiba mati sendiri, waspadalah karena sepertinya ada masalah dengan batre atau IC Powernya

3 thoughts on “Hijrah Handphone dan Tips Membeli hp second

  1. Didi Suhfitri Yadi says:

    w jual hp micxon s900 dengan harga 800rbu baru beberapa bulan masih bergaransi, casan, batre 2, headset call : 085751141775

    Like

Leave a Reply

