Merangkai Ukhuwah Merajut Ilmu di Kampus Kenangan


untitled

Euforia kelulusan UN rasanya baru saja kami lewati, sebuah episode kehidupan yang membuat kami bisa keluar dari cengkraman rasa takut tidak lulus ujian pada waktu itu. Gerbong kehidupan menuju stasiun KESUKSESAN mesti terus melaju dan langkah-langkah pasti juga harus tetap menapak kuat di tempat kaki berpijak.
Politeknik Negeri Sriwijaya Alhamdulillah ditetapkan Allah sebagai estafet pendidikan selanjutnya, sebuah kampus di bumi Sriwijaya yang dikenal dengan kedisiplinannya. Awal masa pendidikan di kampus harus kami lewati dengan mengikuti Pendidikan Dasar Kedisiplinan (DIKSARLIN) yang dibina oleh KODAM II Sriwijaya, masa-masa yang dikatakan sebagai suatu masa yang enak untuk dikenang, dan tidak enak untuk diulang. Jungkir balik, merayap, push up, pergi pukul 6 pulang pukul 6, kehujanan, makan dalam waktu hanya 5 menit adalah sebagian dari aktivitas penggemblengan kedisiplinan kami, dan tidak heran akhirnya keterikatan hati dengan kawan-kawan sekelompok rasanya begitu erat sekali saat di masa ini, karena memang selalu bersama melewati pahit manis nya DIKSARLIN. Sayang terkadang jalinan ukhuwah yang sudah terbentuk terkadang banyak yang lepas dikarenakan lupa dan kesibukan masing-masing saat di kampus.

Masa perkuliahan dimulai, SKS (Sistem Kredit Semester) yang sudah terpaket dan waktu belajar yang begitu teratur bagi saya pribadi adalah hal yang sangat baik dalam pembelajaran di Polsri. Dengan sistem begitu mahasiswa Polsri direncanakan dalam waktu tiga tahun akan menyelesaikan rangkaian pendidikan jenjang DIII nya, kecuali kalau terjadi Stop Out (SO), Drop Out (DO), dan Ditunda tiga bulan dikarenakan tidak lulus ujian Laporan Akhir.
Dalam perkuliahan kami dibagi dalam kelas-kelas yang dalam satu kelasnya lebih kurang terdapat 24 orang, dan dalam setiap kelas pun terdapat ketua kelas, sekretaris, bendahara, dan struktur lainnya sama seperti saat masa SMA dulu.
Organisasi juga hal yang begitu banyak mewarnai kehidupan kampus, sayang sekali kalau di kampus kita hanya menjadi mahasiswa K3 (Kuliah, Kos, dan Kantin). Melalui organisasi kita ditempa menjadi manusia yang lebih baik, karena kita akan dihadapkan dengan permasalahan, dan kita tidak perlu takut dan gentar menatap masalah-masalah itu, karena disitulah ladang pembelajaran kita, belajar manajemen waktu, belajar cepat mengambil keputusan dalam kondisi genting, belajar memahami karakter manusia, belajar dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan, belajar bicara di depan publik, belajar akan indahnya sebuah perbedaan, belajar mengatur orang, belajar mengatur keuangan, dan masih banyak lagi keuntungan lain yang akan kita dapati dalam organisasi.
Dan akhirnya tiga tahun sudah kami lewati masa-masa di saat kami harus bisa menyeimbangkan (tawazun) antara kehidupan organisasi dan kehidupan akademik kami. Yang telah berhasil Alhamdulillah dan bagi yang belum berhasil menyeimbangkan keduanya tetap semangat karena kita harus tetap menjadi Sang Pembelajar. Salam SUKSES !!!
Ditulis di sebuah kos, pukul 06.17 WIB 6 Oktober 2009

3 thoughts on “Merangkai Ukhuwah Merajut Ilmu di Kampus Kenangan

  1. Wahyudi says:

    Aslmkm…

    Kak, selamat y udh Wisuda..

    “Satriawan Wijaya, Amd”

    Smoga segera sampai di stasiun yg di idam2kan,

    Walaupun udh lulus, kl ad waktu nantinya sering2 k kmps

    terutama k Sekret. Dan selalu ana pribadi mhon

    bimbingannya.

    Keep Ukhuwah!
    Karena Kita Keluarga!!!

    Like

  2. portalwongsukses says:

    @Pak Ketum
    Waalaikumussalam,

    iya, syukron ucapannya, amiiin insya Allah gerbong kehidupan akan terus berjalan menuju stasiun KESUKSESAN

    Insya Allah akan sering mampir/ maen ke sekret tercinta

    Siiip, “Karena Kita Keluarga”

    Tetap berjuang !!!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s