WORKSHOP WIRAUSAHA MUDA MANDIRI 2009 DI PALEMBANG


Picture 053

Palembang – 16 Juli 2009 bertempat di Ballroom hotel Arya Duta Palembang lebih dari 500 mahasiswa se kota Palembang mengikuti Workshop Sehari Wirausahawan Muda Mandiri sebagai salah satu bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) dari bank Mandiri. Selain gratis workshop yang menghadirkan pembicara nasional dan pembicara lokal tersebut dikemas menarik oleh Bank Mandiri sehingga membuat peserta nya pun antusias mengikutinya. Acara ini menghadirkan motivator nasional Rhenald Kasali, Ph.D (Ketua Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia/ Penulis buku Re-code Change Your DNA), selain itu juga mengundang Anang (musisi/ suami Krisdayanti) sebagai pengisi materi kewirausahaan dari bidang industri kreatif, dan tak lupa pengusaha-pengusaha dari Palembang yang telah sukses juga dihadirkan untuk memaparkan pengalaman dan ilmu bisnisnya.

Pukul 08.00 WIB pagi ruang di sekitaran ballroom sudah mulai ramai dipadati mahasiswa dari bermacam-macam kampus dengan keragaman warna almamaternya masing-masing, sebelum acara resmi dimulai seluruh peserta yang telah mendaftar di kampusnya masing-masing melakukan registrasi yang telah disiapkan di meja panitia sesuai kampusnya, setelah tanda tangan peserta pun mendapat  map yang berisi alat tulis, fotocopy materi, tiket konser, dan jaket kegiatan ini. Terdapat juga 5 stand pameran yang diisi oleh juara dan finalis kompetisi Wirausaha Muda Mandiri 2007 dan 2008. Salah satu juara yang paling sukses adalah Hendi Setiono dari Surabaya (juara 1 nasional penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2007) pemilik Kebab Turki Baba Rafi yang sudah mempunyai omzet 40 miliar dan memiliki lebih dari 500 outlet se Indonesia dan segera akan membuka outlet di Malaysia, Thailand, dan Singapura, selain Hendi ada juga Sinta  dari Lampung (juara 3 nasional penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2008) pemilik usaha Istana Keripik Ibu Mery, Jefri Van Novis dari Bukit Tinggi, Padang (Finalis nasional Wirausaha Muda Mandiri 2008) pemilik usaha Bonita Tour and Travel, kemudian dari wongkito ada M. Khairuddin (Finalis nasional Wirausaha Muda Mandiri 2008) pemilik lembaga pendidikan service komputer, hp dan elektronik dengan brand Palembang Technology yang beralamat di sekitaran daerah Sekip, dan terakhir ada Agus Wibowo kelahiran Ogan Komering Ilir (Finalis nasional Wirausaha Muda Mandiri 2008) pemilik usaha CV. Eka Tunggal Perkasa yang berlokasi di sekitaran Jalan Sukabangun II, Palembang.

Sekitar pukul 9 pagi acara pun dimulai dengan dipandu oleh Puteri Indonesia 2006 Agni Pratistha , rangkaian acara workshop dibagi menjadi empat sesi. Pada sesi pertama diisi oleh Ki Agus Zainal Arifin (Pemilik Zainal Songket).

Perjalanan sukses seorang Zainal diceritakan secara gamblang oleh Bapak yang telah berusia 43 tahun ini, berawal dari nasihat dan diajarkan menenun songket dari neneknya jiwa wirausaha Zainal mulai tumbuh, sehingga membuat dirinya semenjak kelas 4 SD hingga kuliah bisa membiayai sekolahnya sendiri. Beliau pun membawa bisnis songketnya ke Jakarta dengan luasnya jaringan pertemanannya dan tekad yang kokoh petualangan bisnisnya mulai menemukan titik terang hingga membuat akhirnya membuatnya bisa membeli rumah sendiri di Kebon Kacang Jakarta, padahal pada awalnya beliau sempat menyewa tempat tinggal di rumah kecil pinggir rel Kali Grogol yang kata beliau kalau ada kereta lewat rumahnya itu bergoyang. Jaringannya yang luas adalah salah satu kunci sukses Zainal Songket ini namun tidak hanya itu sikap dan keramahan kita kepada semua calon pembeli ataupun pembeli juga cukup ditekankan oleh Bapak Zainal dalam penyampaian materinya. Dan jujur sepertinya menjadi hal terpenting yang menopang bisnis bapak asli orang Palembang ini.

Lalu sesi II workshop dari bisnis Industri kreatif dihadirkanlah seorang Anang Hermansyah (musisi), seorang kelahiran Jember yang juga alumni Universitas Islam Bandung. Peranan ayah adalah hal yang paling menginspiratif jalan hidup Anang. Kekurangsenangannya pada akademik membuat kuliahnya cukup kacau, mungkin dalam sebulan hanya satu kali masuk. Hal itu dikarenakan kecintaanya pada musik. Dan ia pun akhirnya berani menegaskan kepada ayahnya bahwa ia yakin akan bisa sukses di dunia musik. Beragam posisi pernah ia lakoni, mulai dari ngamen, pembantu di studio, dll hingga akhirnya ia bisa menjadi sukses lalu bertemu dan menikah dengan Krisdayanti. Sekarang pemilik PT IMPORT MUSIC INDONESIA ini membuka kesempatan luas bagi musisi-musisi daerah agar bisa berhasil menjadi seorang musisi yang professional dengan hanya mengirimkan rekaman lagunya ke http://www.importmusic.com, jadi hanya tinggal di kirim datanya tanpa perlu datang ramai-ramai ke Jakarta seperti dulu.

Di sesi ketiga kembali di isi oleh pengusaha sukses dari Palembang seorang ibu pendiri dan pemilik Pempek PAK RADEN Ibu Hj. Nurhasanah. Hal yang cukup mengejutkan peserta workshop ternyata ibu Nurhasanah ini jijik dengan ikan, padahal bahan dasar pempek adalah dari ikan. Nah dari situlah ibu Nurhasanah ini menegaskan bahwa apa yang kita tidak suka belum tentu membuat kita tidak sukses. Kerasnya pendidikan dari orang tuanya mengajarinya berusaha sendiri mencari uang dari kecil sangat menjadi hal penting hingga sekarang pempek PAK RADEN mampu mempunyai 34 outlet se Indonesia.

Dan terakhir acara dilanjutkan ke sesi IV diisi seorang motivator Rhenald Kasali, Ph.D dengan menampilkan slide dan game-game sederhananya membuat keletihan peserta karena mungkin agak lelah mengikuti acara dari pagi menjadi semangat dan segar kembali. Bapak yang tidak mau dikatakan motivator ini ingin merubah mind set peserta workshop agar bisa lebih berkembang lagi dan mau keluar dari batasan-batasan yang biasanya membuat kita menjadi terkekang oleh pikiran kita sendiri.

Sekitar pukul 17.00 rangkaian acara workshop pun usai, dan sebelum acara ditutup peserta yang beruntung mendapatkan doorprize yang pengundiannya dilakukan personil Andra and The Backbone  berupa flash disk 2GB, mini Compo, dan TV 21 inch. Dan sebelum meninggalkan lokasi acara seluruh peserta workshop diminta untuk mengisi questioner dan mengumpul dan menukarkannya dengan nasi kotak dan uang transport dari Bank Mandiri. Terima kasih Bank Mandiri dan Maju Terus wirausahawan muda Indonesia.

Galeri Foto

Picture 043

Picture 044

Picture 045

Picture 046

Picture 047

Picture 050

5 thoughts on “WORKSHOP WIRAUSAHA MUDA MANDIRI 2009 DI PALEMBANG

  1. Agus Setiyawan says:

    Barang Duluan Bayar Belakangan
    Perihal : CD Presentasi New Version 695MB/472Files (Training Seminar Workshop Pelatihan ISO, ISO, 5S, GMP, SM-K3, Hospital, Plastics, Sanitation, HVAC dan Ice Breaker)
    Jika perusahaan Anda memiliki kebutuhan yang berkaitan dengan ISO (International Standard Organization), 5S (Dasar dasar tentang Rapi, Bersih dan Tertata), GMP (Good Manufacturing Practice), SM-K3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Hospital, Plastics (Dasar dasar Plastics), Sanitation (Kebersihan Sebenarnya) dan HVAC (Penyediaan AC Central yang Memenuhi Standard), akan tetapi mungkin perusahaan dimana Anda bekerja memiliki budget yang terbatas, waktu yang sempit, dan berbagai kendala faktor lainnya untuk mengikuti seminar atau training dengan topik tersebut di atas yang rata-rata kisaran harganya 1,5 – 2,5 juta per orang.
    Maka berikut ini adalah salah satu solusi terbaik yaitu kumpulan presentasi untuk kebutuhan perusahaan Anda atau bahkan untuk Anda pribadi yang dikemas dalam 1 (satu) CD yang berisi 697 MB/573 Files. Dengan isi sebagai berikut, dengan format semuanya powerpoint :
    1 5S-5R-5P (10 Files)

    2 CPOB-GMP (11 Files)

    3 Hospital (94 Files)

    4 HVAC (16 Files)

    5 ISO 9001 (15 Files)

    6 ISO 14001 (27 Files)

    7 Others (128 Files)

    8 Plastics (31 Files)

    9 Sanitation (11 Files)

    10 SM-K3 (91 Files)

    Khusus bagi yang berminat kami menawarkan untuk mengirimkan 1 keping CD tersebut, dengan menggantikan biaya pembuatan dan biaya pengiriman (khusus untuk pulau Jawa) dengan biaya sejumlah Rp. 125.000,- (#seratus dua puluh lima ribu rupiah#) included, sedangkan untuk diluar pulau Jawa dengan biaya sejumlah Rp. 175.000,- (#seratus tujuh puluh lima puluh ribu rupiah#) included
    Bila bapak ibu telah melakukan transfer dari bank dibawah ini : Sebagai alternatif Bank, kami sampaikan 3 alternatif yang bisa dipilih salah satu untuk memudahkan dalam transfernya :
    1. Buku : Tabungan Mandiri,
    Kantor Cabang : Surabaya, Gentengkali,
    Nama : Silvia Eka Sri Setioningsih (Istri).
    No. Rekening : 141 000 456 8127
    2. Buku : Tahapan BCA,
    No. Rekening : 331 020 8018,
    KCP : Jl. Ahmad Yani No. 183, Blimbing – Malang,
    Atas Nama : Silvia Eka Sri Setioningsih (Istri).
    3. Buku : Tabungan Syariah Plus, BNI 46 Syariah,
    Kacab Syariah Malang : Jaksa Agung Suprapto,
    No. Rekening : 01 2501 4127,
    Atas Nama : Agus Setiyawan Mulyono
    Mohon untuk segera mengirimkan data alamat selengkap lengkapnya terlebih dahulu dan nama yang tercantum direkening yang melakukan transfer jika sudah terima barang (untuk memudahkan kami dalam tracingnya di internet banking), sms ke 081 333 841183, 0817 537894 atau ke email : piranhamasgroup@gmail.com. Demikian yang kami sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan menjadikan ilmu yang berguna. Terima kasih banyak, dan sekali lagi mohon maaf bila tidak berkenan.
    Hormat Kami,
    Agus Setiyawan, http://piranhamas.wordpress.com
    KANTOR I : Plaza Segi 8 Kav. D – 812, Jl. Raya Darmo Permai III, Surabaya,
    KANTOR II : Puri Indah Sidoarjo Blok CS – 14, Sidoarjo,
    KANTOR III : The Balearjosari Residence B – 41, (Trikarya) Jl. Pahlawan No. 278 – Balearjosari, Malang
    Catatan : Lebih Komplit Isinya Ada Di Attachment

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s