The Winner and The Loser


sujud

Hari ini saya dengan mengendarai  motor SMASH kuning pergi ke warung bakso Mas Gendut yang lumayan jauh dari kostku. Tiba disana saya pun memesan dua porsi nasi ayam bakar, dan sambil menunggu saya duduk santai mengamati suasana warung.

Tersorot di mataku sepasang suami istri yang masih muda sedang menikmati bakso Mas Gendut di hadapan mereka. Sedang mengobrol mereka berdua disapa oleh seseorang yang baru datang (untuk selanjutnya kita sebut the loser) ke warung itu. Nampaknya the loser itu teman lama dari laki-laki (untuk selanjutnya kita sebut the winner) yang sedang makan  bersama istrinya itu. Bukannya bermaksud menguping tapi obrolan mereka tampak jelas terdengar di telingaku, mereka menceritakan kehidupan mereka dan kehidupan teman-teman seperjuangan mereka dulu. Ada yang sudah menikah, ada yang sudah punya momongan, ada yang bekerja di Bekasi, begitulah sekilas obrolan mereka yang tertangkap.

The loser dan the winner masih tampak seru bercerita masa-masa kenangan mereka saat masih bersama dulu. Lalu the loser pun menanyakan pekerjaan the winner, dan the winner pun menjawab kalau saya tidak salah dengar the winner bekerja di sebuah perusahaan di Lahat, dan the winner juga menanya balik tentang pekerjaan the loser, tukang ojek tukas the loser merespon pertanyaan sahabatnya itu. Tak lama setelah itu, mereka pun mengakhiri pertemuan yang tak disangka-sangka itu, the winner pun menjabat tangan the loser sebagai tanda perpisahan, lalu begitu juga dengan istri the winner melakukan hal yang sama. The loser berjalan melangkah mengantar kepergian sahabat lamanya itu yang belum tentu mereka bisa bertemu lagi karena kesibukan masing-masing. Dengan menaiki TERIOS berwarna silver the winner dan sang istri segera meninggalkan pelataran parkir bakso Mas Gendut itu, Nampak olehku tatapan mata yang menyimpan berjuta rasa dan asa dari seorang the loser yang terus menikmati episode perpisahannya itu. Dan mobil itu semakin melaju kencang hingga akhirnya menghilang dari pandangan. Tak terasa rupanya pesanan saya sudah selesai diracik, dan saya segera membayarnya, tak lama saya juga meninggalkan warung bakso Mas Gendut dengan masih memikirkan pertemuan penuh makna antara the winner dan the loser tadi.

Begitulah sekelumit cerita kehidupan yang saya dapati hari ini mengajarkan kita akan arti persahabatan, kemenangan, kekalahan, dan penyesalan.  Kita bisa membayangkan betapa senangnya menjadi seorang the winner, meskipun kata “senang” itu nampaknya belum bisa terjamin kebenarannya 100 % karena kita sama-sama tidak tahu secara mendalam kehidupan the winner tadi, tetapi secara umum dengan melihat keadaan the winner tadi bolehlah kita katakan seperti itu. Dan kita juga bisa membayangkan apa isi hati dari seorang the loser dengan pertemuannya itu. Yang pastinya perasaan bangga dan senang pasti ada melihat seorang teman sejati yang telah “sukses”. Dan tak bisa dipungkiri juga sebuah penyesalan yang memang selalu datangnya di akhir juga pasti menyelinap di relung hati the loser tadi. Penyesalan akan sebuah keadaan yang sebenarnya kita sendirilah yang menciptakan keadaan itu.

Semoga hikmah cerita tadi bisa menjadi refleksi bagi diri kita bersama dalam mengarungi samudera kehidupan yang penuh fatamorgana ini. Apakah Anda ingin menjadi the winner ataukah the loser? Kunci jawabannya akan selalu berada di tangan Anda sendiri. Dan terakhir saya ingin menyampaikan sebuah wise words, “Apabila Anda gagal merencanakan, berarti Anda telah merencanakan gagal ”.  Semoga menginspirasi.

Wallaahu’alam bi showab

Ditulis oleh Satriawan Wijaya, pukul 17.05 WIB 31 Mei 2009

2 thoughts on “The Winner and The Loser

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s