Ikut PKM Siapa Takut


pimnas-snap
Program Kreativitas Mahasiswa adalah ajang tahunan yang diselenggarakan rutin oleh DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) sebagai ajang kompetisi bagi mahasiswase Indonesia untuk bersaing mengagas ide-ide kreatif yang dituangkan dalam lembaran-lembaran proposal dan nantinya akan diseleksi. Dan nantinya bagi proposal yang lulusseleksi akan diberikan dana (sekitaran 4-7 juta) untuk mengerjakan proyek yang telah dipaparkan di dalam proposal tadi. Dan tidak hanya sebatas itu proyek teman-teman yang telah selesai nantinya akan dinilai kembali dan akan ditentukan kembali siapa saja yangberhak mendapatkan tiket berangkat ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) untuk mempresentasikan tugas yang telah dikerjakan. Di tahun 2009 ini akan digelar PIMNAS ke XXII dan Universitas Brawijaya Malang mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah wahana unjuk kebolehan generasi intelektual bangsa ini.
Jenis PKM ini terdiri dari 5 jenis :

1. PKM Penelitian (PKMP)
Merupakan kreativitas yang inovatif dalam menemukan hasil karya melalui penelitian pada bidang profesi masing-masing. Kreativitas penemuan gagasan, ketepatan metode penelitian dan sumbangan berupa informasi bagi kemajuan ilmu pengetahuan merupakan pertimbangan utama.

2. PKM Penerapan Teknologi (PKMT)
Merupakan kreativitas yang inovatif dalam menciptakan suatu karya teknologi (prototipe, model, peralatan, proses) yang dibutuhkan oleh suatu kelompok masyarakat (kelompok tani, industri kecil, pengusaha/pedagang kecil, koperasi atau kelompok produktif lain) yang akan dijadikan mitra kerja. PKMT mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan mitra, karena produk PKMT merupakan solusi atas persoalan yang diprioritaskan mitra. Dasar teknologi yang akan diterapkan sudah tersedia, bukan dicari melalui penelitian dalam program ini. Namun demikian untuk penyesuaian bisa dilakukan kalibrasi dan uji coba seperlunya dalam rangka adaptasi.

3. PKM Kewirausahaan (PKMK)
Merupakan kreativitas penciptaan ketrampilan berwirausaha dan berorientasi pada profit, umumnya didahului oleh survai pasar, karena relevansinya yang tinggi terhadap terbukanya peluang perolehan profit bagi mahasiswa. Perlu ditegaskan di sini bahwa penciptaan ketrampilan berusaha yang dimaksud adalah untuk mahasiswa pengusul PKMK, begitu juga pelaku aktivitas usaha/bisnis yang didanai dalam PKMK adalah kelompok mahasiswa pengusul PKMK. Kelompok mahasiswa pengusul sebagai wirausahawan baru bisa menjalin kerjasama dengan kelompok masyarakat produktif, namun tidak dana PKMK tidak dimaksudkan untuk membantu peningkatan ekonomi kelompok masyarakat tertentu. Dalam PKMK sama sekali tidak diijinkan dilakukannya penelitian/ percobaan untuk mencari temuan.

4. PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM)
Merupakan kreativitas yang inovatif dalam melaksanakan program membantu masyarakat, yaitu program yang mampu memberikan peningkatan kecerdasan, keterampilan, dan pengetahuan masyarakat seperti penataan dan perbaikan lingkungan, pelatihan keterampilan kelompok masyarakat, pengembangan kelembagaan masyarakat, penciptaan karya seni dan olah raga, dll. PKMM menuntut ditetapkannya masyarakat sasaran strategis dan persoalannya sebelum menyusun proposal. Pengetahuan atau teknologi yang akan digunakan dalam kegiatan pengabdian sudah harus dikenal dan dikuasai. Tidak ada kegiatan penelitian dalam PKMM.

5. PKM Penulisan Ilmiah (PKMI)
Merupakan kegiatan penulisan ilmiah dari suatu hasil karya mahasiswa dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (praktek lapang, KKN, PKM, magang, dll). Usulan PKMI berupa artikel ilmiah yang siap cetak dan tulisan yang dibuat berasal dari hasil karya mahasiswa peserta yang telah selesai dilaksanakan. Penjelasan lengkap PKMI dapat dilihat dalam Panduan PKMI yang diterbitkan tersendiri.

Dan khusus buat mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya rencananya PKM ini bakal digelar di internal kampus kita, jadi peluang lolos seleksinya lumayan besar. Kalau mau dapat infonya segera hubungi Ibu Yuli bagian P3M (Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) di gedung KPA. Terus kalau PKM yang diselenggarakan DIKTI info lebih lanjutnya buka websitenya di http://www.dp2m-dikti.net.

Ayo segera kirimkan proposal mu !!!

Ditulis oleh Satriawan Wijaya, pukul 15.25 WIB 28 Mei 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s