Blue Ray Disc Piringan berkapasitas ratusan gigabyte


BD_logo_blue

Teknologi IT yang satu ini sepertinya masih jarang terdengar, jangankan orang awam teman-teman saya di jurusan bidang komputer saja tampak masih banyak yang belum tahu tentang piringan berkapasitas sangat besar ini. Ini sebenarnya wajar karena memang masih jarang sekali orang yang memakai Blue Ray yang sampai sekarang ini harganya lumayan tinggi.

CD dan DVD masih menjadi pilihan banyak pengguna komputer, selain harganya yang cukup terjangkau juga kapasitasnya cukup besar untuk menampung data-data kita. PC dan notebook keluaran terbaru saat ini pasti sudah terintegrasi di dalamnya media untuk menggunakan piringan CD dan DVD ini baik CD R, CD RW, DVD R, DVD Combo, ataupun DVD RW.

Saat ini blue ray disc penggunaanya sudah diimplementasikan pada Sony Play Station 3, dan untuk penggunaan di PC (Personal Computer), disc dan playernya dijual terpisah. Kapasitas penyimpanan blue ray ini mencapai 200 GB bahkan sudah ada yang 500 GB. SONY adalah sebuah perusahaan yang memperkenalkan teknologi blue ray ini, dan di lain pihak secara bersamaan TOSHIBA juga mengeluarkan produknya yang hampir mirip dengan blue ray yang disebut HD-DVD, tetapi dikabarkan TOSHIBA menarik produk ini dari pasaran. Mengenai harga untuk saat ini harga blue ray disc ini berkisar sekitaran 300 ribu rupiah.

Dan sebagai info tambahan sekarang juga telah muncul teknologi baru yang disebut Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc), pada intinya tidak terlalu jauh berbeda dengan blue ray disc, akan tetapi perbedaan mendasarnya dengan CD, DVD, dan blue ray adalah ketika FM Disc ini tergores maka data yang tersimpan tetap akan bisa terbaca.

Bagaimana siap mencoba blue ray disc atau FM Disc ??? Pilihan tentu berada di tangan Anda.

Ditulis oleh Satriawan Wijaya, pukul 22.35 WIB 28 Mei 2009

5 thoughts on “Blue Ray Disc Piringan berkapasitas ratusan gigabyte

  1. portalwongsukses says:

    Agus :

    wew… itu beneran yak??? bisa sampe ratusan Gb?? bisa gantiin harddisk donk tuh???

    Yupz betul sekali mas Agus, bener Blue Ray bisa gantiin harddisk sebagai media penyimpanan, makasih dah berkunjung🙂

    Salam SUKSES BERKAH !!!

    Like

  2. adryan says:

    mmantap tuh blueray, tp klo bsa brfungsi sbg pngganti hard disc kinerjanya sama gk ya seperti bsa lngsng copy paste ato del tanpa harus burning ulang seperti di cd/dvd rw? tlng infonya gan, thanks.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s