AMANAH ITU TERSELESAIKAN


arch_double

Tok..bunyi palu sidang terdengar ketika pimpinan sidang MUBES mengetukkan palu sidang ke meja tanda diterimanya LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) saya. Ada rasa lega yang terbesit, ada juga perasaan bersalah atas kekhilafan yang pernah diperbuat, ada juga rasa gelisah akan hal-hal yang belum dituntaskan. Tetapi saya sadar begitulah dinamika kehidupan yang penuh seribu tanya ini.

Hari ahad kemarin tanggal 26 April 2009 diadakan MUBES (Musyawarah Besar) LDK AL ISLAM POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA, bertempat di Masjid Ath Thuroiqi di kampus saya lebih dari 50 orang pengurus LDK AL ISLAM menghadiri acara rutin ini sebagai sebuah bagian dari regenerasi kepemimpinan. Acara alhamdulillah dihadiri oleh Pembantu Direktur III Bapak Ir. A. Bahri Joni M yang sekaligus membuka acara secara resmi.

Waktu satu tahun tiga bulan ternyata dilewati begitu cepat dengan segala macam pengalaman berharga yang telah didapati.  Sedikit cerita tahun lalu tepatnya tanggal 27 April 2008  sebuah amanah berat diberikan kepada saya, dengan sedikit rasa cemas merasa diri belum pantas mau tidak mau amanah itu harus saya emban. Banyak pelajaran yang telah saya dapati dari sebuah skenario hidup satu ini, diantaranya :

1. Amanah akan membuat kita semakin berkembang dan semakin dewasa, walaupun kita belum bisa 100% menjalankannya yakinlah akan banyak manfaat bagi diri kita. Ingat Allah SWT tidak akan menilai hasil tapi proses (ikhtiar) yang telah kita lakukan.

2. “Seorang pemimpin adalah budak bagi rakyatnya” kata tokoh Nasionalis Bung Karno, saya juga sepakat dengan pernyataan satu ini, hari ini bangsa Indonesia sedang dilanda krisis kepemimpinan, sepertinya sangat jarang ditemui pemimpin yang benar-benar berpihak kepada rakyat, yang ada berpihak pada dirinya sendiri atau golongannya (partai). Pemimpin zaman sekarang maunya selalu dilayani, dan memang sepertinya telah menjadi budaya buruk bangsa Indonesia bahwa pemimpin haruslah selalu dilayani, tangan pemimpin Indonesia akan terasa sangat berat ketika mereka harus melakukan perbuatan riil (nyata) untuk rakyatnya.  Teringat sebuah kisah sejati seorang khalifah Umar Bin Khattab, alkisah di sebuah malam sang khalifah keluar rumah melihat keadaan rakyatnya, dan tanpa disengaja Khalifah Umar Bin Khattab melihat seorang Ibu dan anaknya sedang kelaparan karena persediaan makanan mereka tidak ada lagi, bahkan sang Ibu tadi terpaksa memasak air yang dimasukkan bebatuan untuk sedikit perasaan lega bagi anak-anaknya kalau ia sedang memasak makanan, padahal yang dimasaknya cuma batu yang tak mungkin dimakan. Melihat kejadian itu khalifah langsung kembali ke istananya guna membantu ibu tersebut. Lalu tanpa dibantu oleh pembantunya sang khalifah memikul sendiri gandum dan sedikit minyak samin untuk diberikan kepada Ibu tersebut, padahal pembantu khalifah telah menawarkan agar kiranya dia (pembantu) saja yang memikulnya, lalu apa jawab Umar Bin Khattab : “APAKAH KAMU SANGGUP MEMIKUL DOSAKU KELAK DIHADAPAN ALLAH?”

3. Mengutip juga kata seorang Ridwansyah Yusuf Achmad (mantan ketua LDK GAMAIS ITB, sekarang diamanahkan sbg Presiden KM-ITB), “Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnya, akan tetapi anda tidak akan bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya”, so perasaan “mencintai” orang-orang yang kita pimpin adalah sangat perlu sekali, terkadang kita cuma bisa menyuruh/ minta tolong  anggota saja tanpa mau tahu keadaan anggota tersebut, enak kalau kita suruh perasaan dia lagi senang/ normal, tapi kalau kita suruh dia sedang bad mood, bisa berabe kitanya. Oleh karena itu ukhuwah islamiyah sangatlah berperan penting dalam kepemimpinan kita. Kan sudah tahu tahapan-tahapan ukhuwah, sudah yang pastinya ya???kan udah dapet dalam materi ngaji/liqo’/ taklim/ mentoringnya???ada empat tahap : Ta’aruf (saling mengenal), Tafahum (saling memahami), Ta’awun (saling tolong menolong), Takaful (rasa senasib sepenanggungan).

Keputusan Musyawarah ini memutuskan perubahan nama LDK menjadi LDK KARISMA (KELUARGA TARBIYAH ISLAMIYAH ), dan hasil kesepakatan MUBES ini juga mengamanahkan Akh Muhammad Wahyudi (Teknik Komputer 2007) sebagai Ketua Umum LDK KARISMA Politeknik Negeri Sriwijaya 2009 – 2010.

5 thoughts on “AMANAH ITU TERSELESAIKAN

  1. portalwongsukses says:

    @ reZa pH

    Wa’alaikumussalam…
    Iy bener akh kalo di Polsri ketua LDK-nya tingkat 2
    Ngikutin jejak kang uchup, kayaknya nggak deh, bukannya kenapa, cz kami sekarg tingkat 3, so udah sibuk persiapan TA, doain aja lancar

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s