Tahukah Anda Perbedaan Program, Aplikasi, dan Software?


softwarePertanyaan itu sempat terbesit di pikiran ku malam ini, dan langsung saya tancap gas buka browser lalu kuletakkan kursor di address bar, kamu pasti tahu apa yang akan saya ketikkan disana. Ya benar paman Google yang selalu setia menemani ketidaktahuanku kembali saya akses untuk yang ke sekian kalinya.

Wah coba di searching yang ada di judul tulisan ini, ternyata cuma ada satu yang kejaring yakni di Yahoo Answer, itupun belum menyelesaikan masalah tanpa masalah (he..he..kayaknya slogannya PEGADAIAN), tetapi malah menyelesaikan masalah dengan masalah baru. Otak saya tambah pusing ngebaca penjelasan dari sana. Syaraf otak saya kembali berputar-putar dan keliling-keliling mencari ide dimana kira-kira saya bisa ngedapetin jawabannya sekarang dan saat ini juga. Cliing, muncul ide untuk coba buka YM untuk tanya ke pakar IT Indonesia yang juga pendiri http://www.ilmukomputer.com Bapak Romi Satria Wahono (http://romisatriawahono.net). Setelah user dan password saya dimasukkan ke tempat login YM, Alhamdulillah ternyata Pak Romi sedang online juga padahal mesin waktu (jam) udah nunjukin pukul 12 malam lewat. Wah ternyata Pak Romi memang luar biasa, di tengah kesibukan dan kepadatan jadwal beliau masih sempat di ajak ngobrol via YM. Memang kalau sahabat sekalian pernah baca artikel yang ditulis Pak Romi Satria Wahono tentang manajemen waktu, maka sahabat akan diberi rumus 3K oleh pak Romi. Tahu apaan tuh 3K? 3K itu :

1. Kurangi Tidur

2. Kurangi Tidur

3. Kurangi Tidur

Yok kita balik lagi ke topik,

Jadi terkadang memang kita masih sering bingung dengan istilah komputer yang satu ini : program, aplikasi, dan software. Pak Romi suruh saya untuk buka di Wikipedia mengenai arti istilah tersebut. Dan setelah saya buka di Wikipedia ternyata cuma ada pengertian software dan aplikasi, itupun masih kurang jelas penjelasannya. Sedangkan kalau pengertian program nggak ada di Wikipedia. Di Wikipedia tertulis pengertiannya sebagai berikut :

Software adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras

Aplikasi adalah suatu subkelas software komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna

Bingung gak tuh???Hayo siapa yang bisa ngasih penjelasan mungkin bisa langung comment aja tulisan ini, okay

48 thoughts on “Tahukah Anda Perbedaan Program, Aplikasi, dan Software?

  1. Romi Satria Wahono says:

    Software adalah perangkat lunak, semua yang wujudnya perangkat lunak ya bisa masuk ke term software. Sedangkan jenis software ada banyak. Menurut Roger Pressman misalnya ada pembagian software: desktop application, embedded, realtime, dsb. Application atau software application biasanya digunakan untuk menyebut istilah desktop application itu.

    Like

  2. Lia says:

    kalo menurut aku sie, emang sie softwere itu yang berarti perangkat lunak, tp dLm definisi aku sendiri softwere itu yang d sebut microsoft windows dan aplikasi softwere itu yang d sebut microsoft officenya..

    Like

  3. alpin says:

    program aplikasi dibagi 2 jenis, yaitu personal packaged, workgrouf computing dan enterprise aplication serta intregation and software application. from gw dari bu win

    Like

  4. bigmumet says:

    nahh..
    kalo saya malah lebih aneh. Besok akan ada Tes Semesteran, nah bocoran soalNya berbunyi seperti ini..
    “Apakah perbedaan Software dan Perangkat Lunak?” padahal dalam beberapa artikel dikatakan perangkat lunak itu adalah software itu sendiri. Yang merupakan terjemahan dari kata bahasa inggris..
    Hmmm…

    Like

  5. Denay says:

    Semua aplikasi adalah software, tetapi tidak semua software bisa disebut aplikasi. Contoh: operating system adalah software tapi tidak bisa disebut aplikasi.
    Antara program dan aplikasi…. mmm… pusing gua dah…. au ah.

    Like

  6. rama says:

    makasih mas,kebetulan saya td dikampus berdebat kecil dgn temen sama seputar perbedaan software(perangkat lunak) dengan aplikasi…

    Like

  7. dwi andalusia says:

    misi….
    mo nanya,,
    bahasa pemograman untuk aplikasi dan utility pa ya???
    (ini tugas kelp dikampus)
    makasih y…^^

    Like

  8. ardy says:

    menurut saya…..

    software……. contohnya >> macromedia
    aplikasinya….. contohnya >> macromedia flash,macromedia dreamweaver.dll.

    aplikasi, katanya merupakan sebuah sub-sub (bagian2) dari software.
    menurut saya gitu sih…. 😀

    Like

  9. Heru says:

    boy Q masih bingung dengan perxta’an di atas
    bener pa kata lia software tu perangkat lunak
    trus aplikasix tu sbagai perantara

    msalhx Q dapat tugas mencari
    aplikasi apa saja yg cocok dengan windows 95 sampai windows 7

    tolong bantu ya boy
    tankz

    Like

  10. daffa says:

    kayanya perlu membenahi kosakata bahasa nihhh…
    kalu gini caranya.. mesti ada sumpah pemuda lagi,,
    BINGGGGUUUUNGGGGGG

    Like

  11. kabul says:

    “Aplikasi adalah suatu subkelas software komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna”

    nah, klo aplikasi handphone gimana tuh? khan handphone bukan komputer kk…
    saya cari2 pengertian aplikasi secara umum lum ketemu neh, di kamus besar bahasa indonesia malah jadi aneh pengertiannya >.< kyk ga nyambung gt jadinya…. cek aja sendiri
    http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

    Like

  12. xor says:

    program : urutan dari instruksi tertulis untuk melakukan tugas tertentu dengan komputer

    software : kumpulan program komputer yang berisi instruksi untuk berinteraksi dengan komputer apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya

    aplikasi : perangkat lunak yang dirancang untuk membantu pengguna untuk melakukan tugas tertentu.

    Like

  13. bang kempets says:

    Software: digunakan untuk berinteraksi dengan hardware, mis: Windows, driver, dll.
    applikasi: kelas di bwah software, untuk di proses lagi oleh software. Mis: beberapa aplikasi hanya bisa di gunakan oleh windows. sehingga kesimpulannya, software digunakan untuk mendukung applikasi. dan berinteraksi dgn perangkat keras (DRIVER SALAH SATU SOFTWARE UNTUK BERINTERAKSI)

    Like

  14. ferat says:

    Ko jadi bingung yang mana yang bener ni , tapi yang terakhir masuk akal juga ​Ɨƚε ‎​ت Ɨƚε ‎​ټ Ɨƚε
    , makasih ya mas atas infonya 🙂

    Like

  15. Muhamammad Alfin says:

    Menurut link yg pernah saya baca, software adl sbuah istillah umum untuk data yang di format dan disimpan dalam bentuk digital.
    Aplikasi adalah subkelas dari perangkat lunak atau software. yang mana aplikasi adalah salah satu software.

    Like

  16. inoenk says:

    ada pengertian yang lebih mudah dicerna dari mas Galang:

    Aplikasi, Program, dan OS merupakan software. Aplikasi itu tersusun atas program ( instruksi-instruksi sehingga bisa digunakan oleh pengguna), dan semuanya itu tidak bisa dijalankan apabila tidak ada OS.

    Logikanya :
    Misalnya ada aplikasi membuat nasi goreng Nah, programnya akan memberikan instruksi seperti siapkan bawang, cabai, nasi, dan kecap, iris-iris bumbunya, panaskan minyak goreng, …… dst. Dan kita, manusia, sebagai OS-nya karena tanpa kita semuanya itu tidak akan bisa berjalan.

    sumber:
    http://celoteh-galang.blogspot.com/2012/10/apa-perbedaan-aplikasi-software-program.html

    Like

  17. rhul says:

    jadi kesimpulannya temanku.. proses software t’lah di jalankan,,maka terjadilah sebuah aplikasi. (software itu bahan mentah yang akan melalui proses,dan menjadikan sebuah aplikasi)

    pendapat dong guy’s……….!!!!

    Like

Leave a comment