BACAAN BILAL SHALAT TARAWIH


tarawih-risalah-new

Ramadhan kali ini saya kembali di amanahkan petugas bilal di masjid sebelah kost saya Masjid Al Hidayah. Saya mendapat jatah dua kali bertugas. Seperti biasa karena tidak pernah diulangi untuk menghapal bacaan bilalnya saya pun lupa-lupa dengan bacaannya tersebut. H-2 sebelum melaksanakan amanah itu saya mencari-cari referensi tentang bacaan tersebut melalui internet dan bertanya langsung ke orang-orang yang sudah hapal.

Alhamdulillah pas pelaksanaan pertama lumayan lancar, tapi ada sedikit kekurangan. Nah supaya tidak bingung lagi di Ramadhan tahun-tahun berikutnya (semoga kita dipertemukan dengan Ramadhan berikutnya) saya menuliskannya di blog ini dan bagi kawan-kawan yang lain yang ingin belajar, menghapal, ataupun mengcopy pastenya silahkan.

Lailaahaillallahu wahdahuulasyariikala, lahulmulquwalahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa qulli syaiin qadiir

(jamaah menjawab wa laa haulawalaa quw wata illaa billaahil ‘aliyyil adziim)

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Allahmumma sholli ‘alaa sayyidinaa wa maulana Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa wa nabiyyina, wa habiibinaa, wa syafi’iina, wa muladzinaa, wa maulanaa Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Sholluu sholaatat tarawih rahimakumullah

(jamaah menjawab Laa ilaa ha illallah)

(Setelah dua rakaat)

Subhaanal malikil ma’buud subhaanal malikil maujuud subhanal malikil hayyiladzii laa yanaamu walaa yafuutu abada. Shubbuuhun quddussuu robbuna wa robbul malaaikati war ruh

(Jamaah menjawab subhaanallah wal hamdulillahi wa laa ilaa ha illallahu akbar, wa laa hau la walaa quwwata illaa billahil ‘aliyyiladziim)

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Allahmumma sholli ‘alaa sayyidinaa wa maulana Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa wa nabiyyina, wa habiibinaa, wa syafi’iina, wa muladzinaa, wa maulanaa Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Alkhaliifatur rasuulillahi shollallaahi wa shohbihii wassalim

Amiirul mukminina sayyidinaa Abu Bakar Bin Shiddiq

(jamaah menjawab radhiyalaahu ‘anhu)

Bijuudikaa amiiin wabim tinanikaa amiiin wa yaa mas uuri na ya Allah

Allahumma atiq riqobanaa wa riqoobaa abaa inaa, wa ummahaatina, wa azwajiina, minal muslimina wal muslimaat, mukminiina wal mukminaat minan naarika ajmai’in

Wathub wa dzakki wa’fu ammay yakullu amiiin amiiin amiiin, washallallahi alihii wassalim walhamdulillahi robbil ‘aalamiin

Sholluu sholaatat tarawih rahimakumullah

(jamaah menjawab Laa ilaa ha illallah)

(Setelah 4 rakaat)

Subhaanal malikil ma’buud subhaanal malikil maujuud subhanal malikil hayyiladzii laa yanaamu walaa yafuutu abada. Shubbuuhun quddussuu robbuna wa robbul malaaikati war ruh

(Jamaah menjawab subhaanallah wal hamdulillahi wa laa ilaa ha illallahu akbar, wa laa hau la walaa quwwata illaa billahil ‘aliyyiladziim)

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Allahmumma sholli ‘alaa sayyidinaa wa maulana Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa wa nabiyyina, wa habiibinaa, wa syafi’iina, wa muladzinaa, wa maulanaa Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Alkhaliifatur rasuulillahi shollallaahi wa shohbihii wassalim

Amiirul mukminina sayyidinaa Umar Bin Khattab

(jamaah menjawab radhiyalaahu ‘anhu)

Bijuudikaa amiiin wabim tinanikaa amiiin wa yaa mas uuri na ya Allah

Allahumma atiq riqobanaa wa riqoobaa abaa inaa, wa ummahaatina, wa azwajiina, minal muslimina wal muslimaat, mukminiina wal mukminaat minan naarika ajmai’in

Wathub wa dzakki wa’fu ammay yakullu amiiin amiiin amiiin, washallallahi alaihii wassalim walhamdulillahi robbil ‘aalamiin

Sholluu sholaatat tarawih rahimakumullah

(jamaah menjawab Laa ilaa ha illallah)

(Setelah 6 rakaat)

Subhaanal malikil ma’buud subhaanal malikil maujuud subhanal malikil hayyiladzii laa yanaamu walaa yafuutu abada. Shubbuuhun quddussuu robbuna wa robbul malaaikati war ruh

(Jamaah menjawab subhaanallah wal hamdulillahi wa laa ilaa ha illallahu akbar, wa laa hau la walaa quwwata illaa billahil ‘aliyyiladziim)

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Allahmumma sholli ‘alaa sayyidinaa wa maulana Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa wa nabiyyina, wa habiibinaa, wa syafi’iina, wa muladzinaa, wa maulanaa Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Alkhaliifatur rasuulillahi shollallaahi wa shohbihii wassalim

Amiirul mukminina sayyidinaa Utsman Bin Affan

(jamaah menjawab radhiyalaahu ‘anhu)

Bijuudikaa amiiin wabim tinanikaa amiiin wa yaa mas uuri na ya Allah

Allahumma atiq riqobanaa wa riqoobaa abaa inaa, wa ummahaatina, wa azwajiina, minal muslimina wal muslimaat, mukminiina wal mukminaat minan naarika ajmai’in

Wathub wa dzakki wa’fu ammay yakullu amiiin amiiin amiiin, washallallahi alaihii wassalim walhamdulillahi robbil ‘aalamiin

Sholluu sholaatat tarawih rahimakumullah

(jamaah menjawab Laa ilaa ha illallah)

(Setelah 8 rakaat)

Subhaanal malikil ma’buud subhaanal malikil maujuud subhanal malikil hayyiladzii laa yanaamu walaa yafuutu abada. Shubbuuhun quddussuu robbuna wa robbul malaaikati war ruh

(Jamaah menjawab subhaanallah wal hamdulillahi wa laa ilaa ha illallahu akbar, wa laa hau la walaa quwwata illaa billahil ‘aliyyiladziim)

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Allahmumma sholli ‘alaa sayyidinaa wa maulana Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa wa nabiyyina, wa habiibinaa, wa syafi’iina, wa muladzinaa, wa maulanaa Muhammad

(jamaah menjawab shollallu alaihi wassalim)

Alkhaliifatur rasuulillahi shollallaahi wa shohbihii wassalim

Amiirul mukminina sayyidinaa Ali Bin Abi Thalib

(jamaah menjawab radhiyalaahu ‘anhu)

Bijuudikaa amiiin wabim tinanikaa amiiin wa yaa mas uuri na ya Allah

Allahumma atiq riqobanaa wa riqoobaa abaa inaa, wa ummahaatina, wa azwajiina, minal muslimina wal muslimaat, mukminiina wal mukminaat minan naarika ajmai’in

Wathub wa dzakki wa’fu ammay yakullu amiiin amiiin amiiin, washallallahi alaihi wassalim walhamdulillahi robbil ‘aalamiin

Autiruu wa maajiduu wa ‘adzimuu syahrul shiyam

Sholluu sholaatal witri rahimakumullah

(jamaah menjawab Laa ilaa ha illallah)

(Setelah Shalat Witir)

Asyhaduallaailaaha illallah na astaghfirullah wa nas alukal jannah wa na’udzubikaminan naar 3 x

Allahumma innaa nas aluka ridhooka wal jannah, wa na’udzubika min sakhootika wan naar 3x

Allahumma innaka ‘afwun kariim thuhibbul ‘afwafa’fuannaa 3 x yang terakhir ditambah yaa kariim

Al fatihah

(jamaah membaca al fatihah)

Bismillahirrohmaanir rohiiim

Nawaitushohmaa ghodin an adaai fardhi syahri ramadhaana haazihis sanati lillaahita’alaa 3 x

About these ads

35 Responses to BACAAN BILAL SHALAT TARAWIH

  1. kakarere says:

    terus artinya apa????

  2. @ kakarere
    afwan belum sempet posting artinya

  3. bimo says:

    matur nuhun sanget…. bermanfaat bgt bg sy yg baru belajar//

  4. muadzlamola says:

    ada versi arab nya ga ya, terus terjemahannya, terima kasih

  5. Zaini Akhmad Ehemz says:

    Alhamdulillah ..kl bilal gk datang …mudah2 saya bs gantikan bilal yg berhalangan .. trims ..

  6. @ Bimo
    Sami-sami kang bimo :-)

    @ Muadzlamol
    Maaf mas muadz belum ada :-)

    @ Zaini
    Ok, selamat menjadi bilal mas zaini :-)

    Salam SUKSES BERKAH !!!

  7. sangat mbantuu cooyy..cozz taunn ni taunn pertama ane jd bilall
    thhxx alotof

  8. Dolay says:

    terima kasih banyak kang..sangat bermanfaat sekali..semoga kebaikannya dibales berlipat ganda oleh Allah SWT aminnnn ya rabbal alaminnn..

  9. taufik says:

    mantab… refresh lg nih.. maklum sdh setahun gak di lafazkan.. makasih ya akhi..

  10. taufik hidayat says:

    TOLONK DONK BERITAHU YG LEBIH JELAS LGI KURANG PAHAM NEECH TENTANG BACAAN BILALLNYA TERIMA KASIH ;;”;;’;”;’;’;’;

  11. Kevin says:

    Manteep mas…apalagi dilengkapi artinya…,

  12. admin says:

    Assalamu’alaikum
    Bacaan Bilal + lafadz Arabnya bisa dibaca di Buku RISALAH TUNTUNAN SHALAT LENGKAP – Drs. MOH. RIFAI – PT. KARYA TOHA PUTRA Semarang.Wassalam.

  13. dian says:

    Bagus sekali Mas…
    izin share….

  14. yoga andhika says:

    assalamualaikum, terima kasih atas bantuannya yg telah memuat bacaan bilal ini, semoga apa yg anda perbuat akan dicata oleh Allah sebagai amal baik.

  15. dani says:

    trmakasih atas bacaany.
    bacaan araby ad g???

  16. muchlis says:

    makasih mas

  17. apa versi bilal itu beda beda ya mas :D
    ( wong TEGAL )

  18. Riky says:

    izin Copas ya SOb semoga bermanfaat,,,,,,,,,,,Thanks banget deh

  19. sirama says:

    Syukran,

    jika ada versi arab & termahannya akan lebih baik lagi

  20. chaiunr says:

    saya lebih setuju jika tulisan arab beserta terjemahannya….

  21. john enriko says:

    makasih mas, mudah2an bisa hafal

  22. Arifin says:

    Adakah dalil atau hadist shahih yang tiap rakaat membaca yang Antum posting diatas? maaf saya sudah mencari di bab sholat bukhari dan muslim namun tak ketemu? mohon antum mencantumkan hadist 2 tentang bacaan 2 yang antum tulis diatas terima kasih

  23. Arifin says:

    Saya betul2 mengharapkan Antum bisa me-posting kan hadist 2 yg sahih setiap antum me-posting kan sesuatu yg berurusan dengan ibadah kepada Allah. karna kalau mengada-ada dalam urusan agama termasuk bid’ah…….dan ujungnya amalan tertolak dan ujung Neraka….karna Allah berfirman hari ini (Aku sempurnakan agamamu ya Muhammad ) dan begitu juga tak satu ibadah yang tak di ajarkan Rassulluah kepada umat nya….

    jadi mohon Merujulah kekitab hadist yg sahih , kitab Bukhari ,Muslim Bad tentang sholat tarih atau ke pirai hadist yg handal…dan maksul.

    Wassalm semoga ,membuka hati kita untuk saling mengcros check dan bertanya kepada ahlinya…ya Allah buak hati kami untuk memahami kebenaran dan berikan lah kami petunjuk amin…amin

    • Ahmed Al Ferighi says:

      Assalamuaikum….
      maaf mas arifin ni dah mondok lama ya? dimana? udah termasuk golongan ulama’ mungkin?

      • ahlil bid'ah says:

        termasuk golongan SYEH… (mungkin gan)…… tapi setahu saya kalau nggak ada bid’ah, indonesia pemeluk islamnya nggak terbesar se dunia, semoga Allah mengampuni saya dan anda serta ahli bid’ah yang lain…. saya juga bilal di musholla dan untuk dalilnya setahu saya nggak ada. tapi karena saya di tunjuk sebagai bilal akhirnya saya memiliki semangat belajar agama…. termasuk kesasar di blog ini. @syeh arifin mohon di tunjukkan kepada kami jalan yang benar

      • ahlil bid'ah says:

        waalaikum salam….
        termasuk golongan SYECHHH…. (mungkin gan)
        w@hai syech Arifin … mohon di tunjukkan kepada kami jalan yang lurus ….

  24. masadina says:

    tahun ini jadi bilal pertama mas,
    makasih baru belajar soalnya :D

  25. rizki says:

    thanks ya sekarang saya jadi hafal bacaan billal ,, :)

  26. Azzy fauzi says:

    Makasih bacaanya

  27. nopriadi says:

    trimksh.,ini sangat berguna bgi saya…dan moga blok tentang shalat sprti ini lebih banyak dan lebih lengkap…salam dariku …adi modong sumsel..

  28. Muhammad Yusuf Ibrahim says:

    makasih bacaaannya karena saya utk teraweh bersama2 dirumah…….m.yusuf Jambi

  29. Siswanto says:

    Aslmkm, Terimakasih atas tulisan yang sangat bermanfaat bagi saya yang masih harus banyak belajar tentang tatacara sholat yang benar. Wass.

  30. Andi09 says:

    Assalamualaikum, Terima kasih tulisannya bermanfaat banget, pertanyaannya ni, kalo misalnya tarawih sendiri dirumah, kira kira kita perlu gak baca bacaan bilalnya sendiri tanpa ada jawaban dari jamaah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: