PC TIBA-TIBA MATI


mati-kompt1

Kejadian ini cukup membuat saya bingung dan sedikit panik, soalnya pas lagi benerin komputer kawan eh tiba-tiba malahan komputer saya yang jadi rusak, bagaimana ndak pusing jadinya. Jadi gini ceritanya awalnya saya sedang membetulkan komputer salah seorang teman yang komputernya mempunyai keluhan tombol powernya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, jadi ketika ditekan tombol power komputernya diam aja.

Nah sewaktu lagi membenari komputer tersebut saya masih menduga-duga dimana salahnya, dan saya pun menduga kesalahan sepertinya terletak pada power supply nya. Lalu saya pun berpikir untuk coba menggunakan power supply komputer saya untuk di tes di komputer yang rusak tersebut. Untuk mengeluarkan power supply saya dari CPU saya mesti melepas terlebih dahulu heatsink yang menutupi prosesor. Saat heatsink sudah terlepas barulah kemudian power supply bisa di ambil.

Kemudian dengan sigapnya saya langsung ingin memasangkan power supply saya ke komputer rusak tadi, dan baru saja mau memulai eksperimen saya langsung agak down dikit, ternyata colokan power supply saya berbeda dengan colokan power supply komputer yang rusak tersebut, alhasil eksperimen pun gagal dilakukan.

Sudah power supply tadi saya pasang kembali ke dalam CPU saya, dan heatsink juga saya pasangkan seperti keadaan semula. Nah disini terjadi masalah, ketika saya sudah selesai memposisikan power supply dan heatsink ke posisinya masing-masing dan memastikan seluruh kabelnya sudah terkoneksi dengan baik, setelah itu saya menghidupkan CPU saya untuk memastikan CPU saya masih dalam keadaan baik, tiba-tiba kira-kira satu detik setelah saya menekan tombol power komputer saya dengan keadaan kipas berputar komputer saya mati dan kipaspun terhenti berputar.

Rencana ingin membantu komputer teman yang sedang sakit eh malah komputer saya yang ketularan penyakit dengan penyakit yang berbeda. Walhasil saya pun menomorduakan komputer teman tersebut untuk dibenarkan, saya mulai mencari titik permasalahan yang membuat komputer saya rusak seperti  ini. Dan Alhamdulillah sekitar pukul 23.00 WIB tanggal 19 Agustus 2009 di sebuah rumah kost jalan lunjuk jaya bukit besar Palembang (masuk sejarah nih, he..he..) komputer saya berhasil tertolong, hidup dan normal kembali.

Berikut cara-cara perbaikan PC yang mengalami permasalahan yang saya alami di atas :

  • Cek Kabel, mulai dari Kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, kabel Power ke Monitor, kabel Monitor ke CPU dan kabel yang masuk ke Komputer. Pastikan pemasangannya telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup.
  • Jika terdapat CD-ROM / DVD-ROM dan bisa dibuka/tutup, maka kemungkinan permasalahan ada di komputer (CPU), mulai dari kabel power yang masuk ke motherboard atau motherboard itu sendiri, cek pemasangan kabelnya.
  • Jika dua langkah diatas sudah dicek, dan masih belum menyala, matikan komputer dan Reset BIOS di Motherboard. Caranya bisa dilihat di buku panduan motherboard, dan cari menu Reset BIOS. Biasanya untuk mereset BIOS dapat dilakukan pada Jumper 1 (JP1). Disana ada 3 pin, yang 2 diantaranya dihubungkan dengan sebuah konektor kecil. Untuk mereset, tinggal melepas dan memasang di 2 pin yang satunya. Misalnya 3 pin tersebut 1,2,3 dan pin 1 dan 2 sudah terhubung, maka untuk mereset tinggal melepas dan memasang di pin 2 dan 3. Biarkan sekitar 30 detik atau lebih kemudian kembalikan seperti semula. Nyalakan komputer.
  • Jika BIOS telah di reset dan masih tidak menyala, coba lepas Baterai CMOS, yang ada di motherboard. Diamkan sekitar 1 menit, kemudian dipasang kembali dan nyalakan komputer. Jika baterai sudah cukup lama, lebih dari 3 tahun, ada baiknya diganti dengan yang baru. Apalagi jika jam di komputer sering tidak cocok.
  • Jika masih belum normal coba periksa bagian heatsink prosesor, pastikan heatsink terpasang dalam posisi yang benar dan tidak miring-miring. Dan kalau bisa jika pasta pendingin pada heatsink sudah mulai habis tambahkan kembali pasta pendingin pada heatsink tersebut.
  • Jika kipas Processor / VGA berputar, tetapi komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS motherboard atau Motherboard memang sudah rusak. Mungkin BIOS perlu di Update, tetapi sebelum update, komputer harus bisa menyala (masuk BIOS) terlebih dahulu. Untuk melakukan hal itu, coba lepas kabel Hardisk, CD-ROM, Floppy. Kemudian, lepas Memori komputer (RAM) dan ganti di slot yang lain atau gunakan memori komputer lain. Hal ini mungkin harus diulangi sampai beberapa kali, hingga ada tanda-tanda kehidupan…
  • Jika CPU sudah kelihatan bekerja, hardisk berputar dan lampu led CPU berkedip-kedip tetapi monitor tidak ada tampilannya, maka kumungkinan VGA ( Kartu Grafis) komputer yang bermasalah. Coba ganti dengan VGA lain atau cek VGA tersebut di komputer lain (Hal ini jika VGA tidak jadi satu dengan motherboard).

Semoga bermanfaat !!!

About these ads

11 Responses to PC TIBA-TIBA MATI

  1. nakula says:

    pengalaman merupakan guru yang terhebat… lakukan apa yang kamu bisa dah harus bisa…

  2. @ nakula
    sepakat om nakula “pengalaman merupakan guru yang terhebat”, SUKSES yo !!!

  3. arek omahan says:

    gw punya problem nech, PC gw gag mau nyala nech sob, nyala cuma beberapa detik doank,, itu knapa ya sob,, mhon bantuannya ??

  4. jek pemula says:

    kmputer saya tiba2 mati kmungkinan power suply saya yang mati,,,,apakah power suply bisa betulkan apa gak,,,soalnya saya lagi bokek boZ,,,,mohon d bantu,,,,,!!!

  5. IPung says:

    di tempat saya kejadian sprt ini dah 4 kali. cara yg sudah saya lakukan, reset bios sudah, memindahkan memory RAM. menganti power suply dengan yg baru, melepas Baterai jg sudah. 3 hari pusing utak atik sendiri. ahirnya saya bawa ke tempat servis>>ternyata beberapa elko di mobo saya ada yang sudah rusak. Delapan biji elko di ganti baru. kena biaya 150 rb x 4 hadohhh. mobo di tempat aku belum ada satu tahun bos..!! Acer MCP61SM-AM <<< PRODUK CACAD !!

  6. angel says:

    PC ane jadi tiba2 mati gitu aja gara2 sebelumnya listrik ngedrop .dan skarang tiap kali dinyalaain cuman bertahan paling 2menitan udah gitu langsung mati ajah..
    udah di cabut pasang RAM, power supply udah dicek, reset BIOS sama cabut battery CMOS juga udah tapi ga ada perubahan …
    mohon dibantu agan2 …

  7. Gosh dee says:

    Mas mau nanya ni, komputer saya malah sebaliknya, pertama pada saat di hidupkan powernya, kemudian kipas pada processor hidup sebentar kemudian tiba2 mati, sehingga komputer menjadi restart sendiri..dan terus sprti itu..nah kira2 apa penyebabnya mas? mohon bantuannya. thx

  8. de.create says:

    Wah saya jug adapat kasus serupa. tapi belum menemukan solusinya. tips diatas patut tak coba dulu. semoga kompi bisa sehat walafiat seperti sedia kala. thanks gan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: